Karier
- Kejuaraan dunia 125cc
Marc Marquez membuat debutnya di kejuaraan pada tanggal 13 April 2008 kelas 125cc, di GP Portugal 2008 pada usia 15 tahun 56 hari. Dia adalah pembalap termuda spanyol yang berhasil merebut posisi pole dan podium di ajang kejuaraan MotoGP.
Márquez di GP Belanda 2010 .Márquez memperoleh podium pertamanya tanggal 22 Juni 2008 di GP Inggris 2008 pada usia 15 tahun 127 hari. Pada 2009, dia adalah pembalap pabrikan KTM dan di GP Perancis 2009, dia memperoleh posisi pole pertamanya pada usia 16 tahun 89 hari. dia juga meraih pole di GP Spanyol 2010 tetapi dia terkena musibah pada lap pertama ketika pipa knalpotnya jatuh dan berada dibawah ban belakang, yang menyebabkan Márquez mengalami kecelakaan berat dan mencederai bahunya.Kemenangan pertamanya diraih pada tanggal 6 Juni 2010 di GP Italia 2010. Kemenangan selanjutnya terjadi di GP Inggris 2010 , GP Belanda 2010 dan GP Catalan 2010 yang menjadikan Márquez sebagai pembalap termuda yang memenangkan empat balapan berturut-turut. Kemenangan kelimanya diraih di GP Jerman 2010 dan menjadi kemenangan Derbi yang ke-100 di kejuaraan MotoGP. Márquez menjadi pembalap pertama sejak Valentino Rossi di 1997 yang memenangkan 5 balapan berturut-turut di balapan 125cc.
Empat kemenangan berturut-turut dari GP Jepang 2010 sampai GP Portugal 2010 telah menempatkan Márquez memimpin dengan 17 poin diatas Nicolas Terol dengan hanya satu seri yang tersisa. Di GP Portugal 2010 , bendera merah berkibar di balapan karena hujan,sebelum bendera berkibar Márquez berada diposisi kedua dibawah Terol. Ketika kembali ke grid untuk balapan kedua, Márquez terjatuh pada lap pemanasan dan harus kembali ke pit. Dengan perbaikan, Márquez memulai start di belakang setelah tidak berhasil keluar dari pit lane sebelum lima menit menjelang start. Meskipun demikian, Márquez berusaha bangkit sejak start dan berhasil memenangkan perlombaan. Dengan demikian márquez memperpanjang keunggulannya sebelum seri terakhir di Valencia. Kemenangan kesepuluhnya pada musim 2010 membuatnya menyamai rekor yang dibuat oleh Valentino Rossi pada tahun 1997. Marquez berada pada posisi keempat di balapan terakhir GP Valencia 2010 dan menjadikannya juara dunia termuda kedua setelah Loris Capirossi.
- Kejuaraan dunia kelas Moto2
Márquez pindah ke kelas Moto2 pada tahun 2011 sebagai pembalap tunggal dari tim baru Monlau Competición, yang dikelola oleh manager pribadinya sendiri Emilio Alzamora.Márquez memulai musim 2011 dengan sepasang kecelakaan GP Qatar 2011 dan GP Spanyol 2011, setelah berbenturan dengan Jules Cluzel.Dia finis di posisi 21 di GP Portugal 2011, sebelum meraih kemenangan perdana kela Moto2 di GP Perancis 2011.
Di seri kandangnya ,GP Catalunya 2011, Márquez finis kedua dibelakang Stefan Bradl, sebelum terjatuh di GP Inggris 2011, start dari Pole Position pertamanya di Moto2. dengan Bradl meraih kemenangan keempatnya, Márquez mengutitnya dengan poin 82.Di GP Jepang 2011, Márquez meraih pole position ketujuhnya di musim itu tetapi berhasil dikalahkan oleh Andrea Iannone pada lomba.Di GP Australia 2011 Marquez mengalami insiden dengan menabrak Ratthapark Wilairot sehingga ia kena pinalti tambahan 1 menit dari catatan waktu tercepatnya pada sesi kualifikasi.Akan tetapi, ia berhasil meraih podium ketiga walaupun harus kehilangan posisi pimpinan klasemen oleh Bradl.Marquez harus merelakan gelar juara dunia jatuh ketangan Bradl setelah tidak mengikuti dua seri terakhir karena mengalami masalah penglihatan.Pada musim 2012,Marquez dipastikan bertahan di kelas Moto2. Marquez berhasil meraih gelar juara dunianya pada musim 2012 setelah berhasil mendominasi dimusim itu.Ia dipastikan akan membela Repsol Honda untuk tahun 2013 dan 2014 menggantikan Casey Stoner yang akan pensiun di akhir musim 2012 dan akan berpasangan dengan Dani Pedrosa.
Statistik
Musim Ke Musim
Musim
|
Kelas
|
Motor
|
Tim
|
Balapan
|
Menang
|
Podium
|
Pole
|
Flap
|
Poin
|
Posisi
|
2008
|
125cc
|
KTM
|
Repsol KTM 125cc
|
13
|
0
|
1
|
0
|
0
|
63
|
Ke-13
|
2009
|
125cc
|
KTM
|
Red Bull KTM Motosport
|
16
|
0
|
1
|
2
|
1
|
94
|
Ke-8
|
2010
|
125cc
|
Derbi
|
Red Bull Ajo Motosport
|
17
|
10
|
12
|
12
|
8
|
310
|
Ke-1
|
2011
|
Moto2
|
Suter
|
Team CatalunyaCaixa Repsol
|
15
|
7
|
11
|
7
|
2
|
251
|
Ke-2
|
2012
|
Moto2
|
Suter
|
Team CatalunyaCaixa Repsol
|
17
|
9
|
14
|
7
|
5
|
324
|
Ke-1
|
2013
|
MotoGP
|
Honda
|
Repsol Honda
|
18
|
6
|
16
|
9
|
11
|
334
|
Ke-1
|
Kelas ke kelas
Kelas
|
Musim
|
Balapan
Ke-1
|
Podium
ke-1
|
Menang
ke-1
|
Balapan
|
Menang
|
Podium
|
Pole
|
Flap
|
Poin
|
Juara
|
125cc
|
2008-2010
|
2008
Portugal
|
2008
Inggris
|
2010
Italia
|
46
|
10
|
14
|
14
|
9
|
467
|
1
|
Moto2
|
2011-2012
|
2011
Qatar
|
2011
Perancis
|
2011
Perancis
|
32
|
16
|
25
|
14
|
7
|
575
|
1
|
MotoGP
|
2013-
|
2013 Qatar
|
2013 Qatar
|
2013
America
|
18
|
6
|
16
|
9
|
11
|
334
|
1
|
Sumber : Wikipedia.Org
Posted by 03.57 and have
0
komentar
, Published at
Tidak ada komentar:
Posting Komentar