Masalah Umum Bagi “Pengguna Lensa Kontak | Cepi Wungkul
Hatur nuhun kana kasumpingana Thank you for visiting ಭೇಟಿ ಧನ್ಯವಾದಗಳು 訪問していただきありがとうございます आने के लिए धन्यवाद 感谢您访问

Masalah Umum Bagi “Pengguna Lensa Kontak

Masalah Umum Bagi “Pengguna Lensa Kontak


Pengguna lensa kontak sekarang semakin bertambah jumlanya, dikarenakan lensa kontak sudah menjadi model dan trend yang bisa menganggakat drajat “ ke- Gaulan “ seseorang.
Jadi memang sudah menjadi pelebaran fungsi, yang dulunya hanya untuk membantu memperjelas pengelihatan ( alat bantu pengelihatan ) kini menjadi penghias diri ( alat bantu kecantikan ), ya seperti itulah zaman. Terlepas dari persoalan itu, Sahabat Perawat ingin sedikit memberikan informasi tentang permasalahan umum yang sering terjadi pada pengguna lensa kontak dengan sedikit penjelasan penyebabnya. Semoga hal ini bisa menjadi pengetahuan dan wawasan yang membuat kita tanggap dan sadar untuk mecegah agar permasalahan yang sering muncul pada pengguna lensa kontak dapat dikurangi. Dan berikut beberapa permasalahan umum yang sering terjadi pada pengguna lensa kontak;

1. Ketidak nyamanan lensa
Biasanya disebabkan karena lensa kotor atau karena lensa rusak. Bisa juga disebabkan karena debu pada bulumata masuk kedalam mata, sehingga pengguna lensa merasakan seperti ada benda yang mengganjal di dalam lensa. Infeksi mata juga menjadi salah satu penyebab ketidak nyamanan ini. Ditambah lagi adanya penurunan kelembapan lensa ( air mata ) yang membuat lensa kering dan mudah tergores.

2. Kemerahan pada mata
Kalu kemerahan pada mata bisa dipicu oleh bebrapa hal, akan tetapi terkait dengan penggunaan lensa kontak mungkin bisa dikaitkan dengan pemakian lensa kotak dalam waktu lama ( berlebihan ), ataupun karena sensitivitas terhadap larutan perawatan lensa. Dan juga karena alergi,terkadang sering terjadi reaksi alergi karena bahan lensa kotak yang bersifat mengalergi.

3. Pandangan Kabur
Bisa disebabkan karena lensa kotor atau rusak, yang menghalangi masuknya berkas cahaya ke retina mata. Juga bisa karena tertukarnya lensa kanan dengan lensa kiri sehingga menjadi tidak pas dan mengaburkan pandangan. Iritasi kornea, iritasi ini bisa disebabkan karena cara pemakaian lensa yang kurang benar. Sedang untuk lensa lunak, terkadang disebabkan karena pemakaian lensa yang terbalik, yang seharusnya dipakai untuk dalam dibalik jadi diluar.

4. Air Mata berlebihan
Biasanya dikarenakan adanya iritasi kornea dan infeksi mata, yang kedua bisa dikarenakan pemakian lensa yang kurang tepat. Faktor utama yang lebih sering adalah karena pemakaian lensa yang berlebih – lebihan, diluar jadwal pemakaian yang dianjurkan.

5. Infeksi Kornea
Terjadi karena kegagalan melepas lensa yang dipakai secara luas pada waktunya, ini bisa menjadi permasalahan besar karena infeksi mata akan memperburuk pandangan. Adanya kontaminasi pada kotak penyimpanan lensa dan larutan pembersih, ini bisa saja terjadi jika perawatan kotak penyimpanan lensa dan larutan pembersihnya tidak dilakukan secara benar ( tidak dijaga kebersihanya ). Terkadang juga dikarena pengguna lensa kontak jarang sekali menggunakan desinfeksi lensa. Penggunaan lensa saat berenang juga bisa menjadi penyebab infeksi mata.




Sumber  : http://kesehatan.kompasiana.com



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 08.09 and have